Senin, 15 Juni 2009

Tehknik-Tehknik Memainkan Drum

Tehknik memukul drum

Dalam melakukan pukulan pada drum kita mengenal 2 jenis pukulan , yaitu Traditional Grip dan Matched Grip .

Dalam Matched Grip sendiri terdapat 2 jenis memukul yang berbeda yaitu :

- Tehnik pertama yaitu dengan memegang pangkal stick dengan tangan tertutup.

Tehknik ini lebih mengutamakan kekuatan pergelangan tangan sehingga suara pukulan akan terdengar keras.

- Tehknik kedua adalah dengan menghapitkan stick drum diantara ibu jari dan jari

telunjuk . Tehnik memukul dengan cara ini lebih mengutamakan kekuatan memukul pada jari tengah, jari manis, dan kelingking.

Traditional Grip memiliki tehknik berbeda cukup unik, dimana kedua tangan memegang stick dengan cara yang berbeda. Pada tangan kanan biasanya drummer memegang stick dengan tehnik Matched Grip, sedangkan pada tangan kiri drummer memegang stick dengan tehnik menjepitkan pangkal stick diantara jari telunjuk dan jari manis, sedangkan ibu jari mempunyai fungsi sebagai pendorong stick. Tehknik ini cukup unik karena pada dasarnya tehknik ini di pakai oleh para pemain marching band jaman dahulu.

Stroke (pukulan)

- Posisi (kepala) stick kira-kira 2,5 cm diatas head snare drum. Ambil ancang-ancang (angkat stick tinggi-tinggi), lalu pukulan dilakukan dengan keras ke tengah-tengah head. Usahakan pukulan jangan ditekan ke head, jadi ada lentingannnya. Arah gerakan pukulan kepala harus tegak lurus pada head. Setelah memukul, kembali ke posisi semula (2,5 cm diatas head).

- Dalam memegang stick anatara tangan kanan dan tangan kiri harus imbang. Agar mudah mencapai keseimbangan, maka posisi stick kanan dan kiri harus sama ; Ambil ancang-ancang juga sama tinggi, lalu memukul ke head juga sama keras.

Tehnik menginjak pedal

Tehnik A adalah suatu injakan dimana telapak kaki menginjak semua pedal. Tenaga injakan yang di hasilkan dari gaya ini berasal dari pergelangan kaki, dimana pergelangan kaki di ayun-ayunkan di pedal drum seiring dengan irama lagu. Tehknik ini sering dipakai untuk mengiringi lagu-lagu yang soft dan lambat.

Tehknik B lebih mengutamakan injakan yang bertumpu pada ujung telapak kaki, dimana injakan ini memakai tenaga injakan dari injakan kaki. Melalui tehknik ini anda dapat bermain lebih cepat dan dengan tenaga yang lebih kuat pula.

Tehnik memukul Hi-hat

Dalam memukul Hi hat kita dapat menemukan 2 jenis pukulan, yaitu :

- Pukulan pada sisi Hi-hat

Pukulan pada sisi Hi-hat dapat mengasilkan suara Hi-hat yang berat. Pukulan ini cocok sekali untuk memainkan musik Rock.

- Pukulan pada atas Hi-hat

Pukulan pada sisi atas Hi-hat menghasilkan suara yang ringan. Pukulan jenis ini cocok untuk memainkan musik Jazz

Cross stick (side stick)

Untuk menghasilkan suara senar yang ringan ( suara seperti ketukan pada meja) kita dapat melakukannya dengan tehnik slide stick. Cara memainkan tehnik ini adalah dengan merabahkan stick drum pada snare dengan ujung stick di tempatkan di tengan snare. Lalu angkat stick dengan menggunaan ibu jari dan telunjuk, lalu ketulah stick dengan kekuatan telapan tangan.

Hi hat Splashing

Melalui cara ini kita dapat membunyikan Hi-hat tampa harus memukulnya dan semua prosesnya terjadi melalui kaki anda. Caranya dengan menginjak pedal Hi-hat lalu melepaskannya dan menginjak nya kembali hingga menimbulkan suara “swish”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar